Senin, 05 September 2011

cara membuat read more pada postingan

Mungkin sudah banyak yg tahu, klo postingan di blogger.com sudah bisa disetting ‘read more’. Pernik atau fasilitas blog yg satu ini memang cukup membantu dalam mengatasi postingan yg sangat panjang dengan cara memotongnya atau hanya ditampilkan beberapa paragraf di halaman depan, dan sisa paragraf lainnya bisa dilanjutkan dengan meng-klik teks ‘read more’. Contohnya bisa dilihat pada blog ini.

Info dan cara membuat ‘read more’ dari blogger.com itu bisa dibaca disini. Dan saya mencoba menguraikannya kembali. Ada tiga langkah yg mesti dilakukan, yaitu:
1. Copy-paste tambahan kode tag blogger berikut:
<MainOrArchivePage>
span.fullpost {display:none;}
</MainOrArchivePage> <ItemPage>
span.fullpost {display:inline;}
</ItemPage>
di bagian atas (blok css) atau sebelum kode .
2. Tambahkan tag berikut:
<MainOrArchivePage><br />
<a href="<$BlogItemPermalinkURL$>">Read more!</a>
</MainOrArchivePage>
pada template blog, setelah tag: < $BlogItemBody>
3. Setiap posting yg ingin diberlakukan ‘read more’ ini, sisa text atau paragraf yg akan tampil setelah user meng-klik ‘read more’ di awal dan akhirnya diberi kode berikut:
<span class="fullpost">sisa text/paragraf</span>
contoh posting:
Kabupaten Malang adalah salah satu daerah penghasil susu sapi perah yang ada di Jawa Timur. Para peternak yang ada, sebagian besar menjual susu sapi perah mereka ke KUD yang ada di sekitar Malang untuk kemudian dimanfaatkan sebagai bahan pembuat keju dan susu kemasan siap saji. <span class="fullpost">Dalam rangka mengembangkan wirausaha baru yang berbasis teknologi, serta menambah nilai jual, Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) FMIPA mengupayakan sosialisasi cara pengolahan susu dengan produk akhir berupa yoghurt menggunakan bioteknologi sederhana. Yoghurt merupakan minuman segar hasil olahan susu segar yang…</span>
tag di atas dipasang pada sisa text dalam box ‘create posting’ (bukan di area template!).
tampilan hasilnya:
Kabupaten Malang adalah salah satu daerah penghasil susu sapi perah yang ada di Jawa Timur. Para peternak yang ada, sebagian besar menjual susu sapi perah mereka ke KUD yang ada di sekitar Malang untuk kemudian dimanfaatkan sebagai bahan pembuat keju dan susu kemasan siap saji. read more
Yang perlu diingat, pastikan “enable Post Pages” = Yes pada archiving (menu blogger).
Selain itu, jangan kaget kalau pada posting-posting yg tidak diberlakukan ‘read more’ (langkah ke-3) tetap akan tertera text ‘read more’ di bawah postingnya. Karena fasilitas ini berlaku pada semua posting.
Selamat mencoba :)

ads

Ditulis Oleh : ma2dmathematics Hari: 02.04 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

jejak dibalas jejak

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...