Senin, 20 Februari 2012

Matematika dalam Islam abad pertengahan

Dalam sejarah matematika, matematika dalam Islam abad pertengahan, sering disebut matematika Islam atau matematika Arab, mencakup tubuh matematika dilestarikan dan dikembangkan di bawah peradaban Islam antara sekitar tahun 622 dan 1600 [1] Islam sains dan matematika berkembang di bawah kekhalifahan Islam didirikan. di Timur Tengah, membentang dari Semenanjung Iberia di barat ke Indus di timur dan ke Dinasti Almoravid dan Kekaisaran Mali di selatan.

Katz, di Sejarah dari Matematika mengatakan bahwa: [2]

"Sebuah sejarah lengkap matematika Islam abad pertengahan belum bisa ditulis, karena begitu banyak dari manuskrip Arab berbohong wajar ... Namun, garis besar umum ... diketahui. Secara khusus, ahli matematika Islam sepenuhnya berkembang jumlah tempat-nilai desimal sistem untuk memasukkan pecahan desimal, sistematis studi tentang aljabar dan mulai mempertimbangkan hubungan antara aljabar dan geometri, dipelajari dan membuat kemajuan pada risalah utama geometris Yunani Euclid, Archimedes dan Apollonius, dan membuat perbaikan yang signifikan dalam pesawat dan geometri bola. "

Peran penting yang dimainkan oleh terjemahan dan studi matematika Yunani, yang merupakan rute utama penularan teks-teks ke Eropa Barat. Smith mencatat bahwa: [3]

"dunia berhutang budi kepada ulama Arab untuk melestarikan dan menyebarkan ke anak cucu klasik matematika Yunani ... pekerjaan mereka terutama yang dari transmisi, meskipun mereka mengembangkan cara-cara lain dalam aljabar dan menunjukkan beberapa jenius dalam pekerjaan mereka dalam trigonometri."

Adolph P. Yuskevic negara mengenai peranan matematika Islam: [4]

Para matematikawan Islam dilaksanakan pengaruh yang produktif pada perkembangan ilmu pengetahuan di Eropa, diperkaya sebanyak oleh penemuan-penemuan mereka sendiri sebagai orang yang mereka warisi oleh orang Yunani, India, Syria, Babilonia, dll

ads

Ditulis Oleh : ma2dmathematics Hari: 05.53 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

jejak dibalas jejak

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...